Kisah Hikmah
Ternyata Istri Rasulullaah Adalah Seorang Dokter

Ternyata Istri Rasulullaah Adalah Seorang Dokter
Ayah Bunda, jika kita menilik kembali sejarah, maka kita bisa menemukan beberapa Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang memiliki andil dalam dunia kesehatan. Walaupun belum ada sahabat yang focus di bidang kesehatan, mereka memahami bagaimana treatment penyembuhan kepada orang yang mengidap penyakit tertentu. Siapa sangka sahabat yang ahli dalam bidang kesehatan, salah satunya adalah ’Aisyah binti Abu Bakar radhiallahu ‘anha Atha’ berkata, “Aisyah adalah wanita yang paling faqih dan pendapat-pendapatnya adalah pendapat yang paling membawa kemaslahatan untuk umum.” (Siyar A’lam An-Nubala’ 2/185)

Ayah Bunda, jika kita menilik kembali sejarah, maka kita bisa menemukan beberapa Sahabat Rasulullah shallallahu  ‘alaihi wa sallam  yang memiliki andil dalam dunia kesehatan. Walaupun belum ada sahabat yang focus di bidang kesehatan, mereka memahami bagaimana treatment penyembuhan kepada orang yang mengidap penyakit tertentu. Siapa sangka sahabat yang ahli dalam bidang kesehatan, salah satunya adalah ’Aisyah binti Abu Bakar radhiallahu ‘anha
Atha’ berkata, “Aisyah adalah wanita yang paling faqih dan pendapat-pendapatnya adalah pendapat yang paling membawa kemaslahatan untuk umum.” (Siyar A’lam An-Nubala’  2/185)
 
Kecerdasan ‘Aisyah radhiallahu ‘anha tercermin dari pintarnya ia juga dalam ilmu kedokteran yang membuat orang lain kagum, ia hanya sekedar mendengar dan menyaksikan tanpa ada yang mengajarkan secara langsung.
 
Hisyam bin Urwah menceritakan dari ayahnya yang berkata,
 
“Sungguh aku telah bertemu dengan Aisyah, maka aku tidak mendapatkan seorangpun yang lebih pintar darinya tentang Al Qur’an, hal-hal yang fardhu, sunnah, sya’ir, yang paling banyak meriwayatkan, sejarah Arab, ilmu nasab, ilmu ini, ilmu itu dan ilmu qhadi dan ilmu kedokteran, maka aku bertanya kepada beliau, “Wahai bibi, kepada siapa anda belajar tentang ilmu kedokteran?” Maka beliau menjawab, “Tatkala aku sakit, maka aku perhatikan gejala-gejalanya dan aku mendengar dari orang-orang menceritakan perihal sakitnya, kemudian aku menghafalnya.” ( Hilyatul Auliya’ 2/49)
 
Suatu saat Hisyam bin Urwah berkata kepada ‘Aisyah radhiallahu ‘anha,
 
 “Wahai ibu (ummul mukminin), saya tidak heran/takjub engkau pintar ilmu fiqh karena engkau adalah Istri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan anak Abu Bakar. Saya juga tidak heran/takjub engkau ointar ilmu Sya’ir dan sejarah manusia (Arab) karena engkau adalah anak Abu Bakar dan Abu bakar adalah manusia yang paling pandai (mengenai sya’ir dan sejarah Arab). Akan tetapi saya heran/takjub engkau pintar ilmu kedokteran, bagaimana dan darimana engkau mempelajarinya?
 
Kemudian ia memegang kedua pundakku dan berkata,
 
Setiap utusan kabilah yang datang dari berbagai penjuru yang datang untuk mengobati sakit Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada akhir hayatnya, maka aku mengamati/pelajari dari mereka dan aku mengobati dengan ilmu dari sana.” (Hilyatul Auliya’ 2/50)
 
Ibnu Abdil Barr Berkata,
 
 “Aisyah adalah satu-satunya wanita di zamannya yang memiliki kelebihan dalam tiga bidang ilmu: ilmu fiqih, ilmu kedokteran, dan ilmu syair.”

sumber: muslimafiyah.com
 









Kisah Hikmah Lainnya
Gubernur Kuli Angkut
Gubernur Kuli Angkut
Senin, 22 Februari 2016 16:02 WIB
Salman Al Farisi pernah menjabat gubernur di beberapa kota. Ia adalah orang yang sangat rendah hati, hingga orang lain menyangkanya seperti kebanyakan orang lainnya, makan dan minum dari hasil keringatnya sendiri.
Bahaya Memakan Harta Haram
Bahaya Memakan Harta Haram
Kamis, 22 September 2016 04:08 WIB
Ayah Bunda, harta serta makanan yang berasal dari harta haram akan berdampak pada anak-anak serta keluarga besar kita. Untuk itu baiknya kita menjaga kehalalan harta dan makanan kita. Ini adalah dahsyatnya bahaya memakan harta haram.
Pagelaran Entertraining Muhammad Teladanku Hadir Kembali di 2014 dengan Kemasan Berbeda
Pagelaran Entertraining Muhammad Teladanku Hadir Kembali di 2014 dengan Kemasan Berbeda
Senin, 07 April 2014 07:24 WIB
sygmadayainsani.co.id - Pagelaran Entertraining Muhammad Teladanku Hadir Kembali di 2014 dengan Kemasan Berbeda - Setelah sukses dengan penyelenggaraan di tahun 2013, Sygma Daya Insani kembali menghadirkan pagelaran Entertraining Muhammad Teladanku di tahun ini. Dibandingkan tahun lalu, penyelenggar
Jangan Terlalu Nyaman dengan Gerhana Bulan Malam ini
Jangan Terlalu Nyaman dengan Gerhana Bulan Malam ini
Rabu, 31 Januari 2018 09:53 WIB
Tentu saja penjelasan yang bersumber dari Pencipta dan Pengatur matahari-bulan dan pergerakannya, bahkan seluruh alam semesta. Jauh dari kebatilan mitos, takhayul, dan kesyirikan para penyembah alam, jauh pula dari kelalaian kaum rasionalis. Apabila kita membuka kitab-kitab para ulama dan fuqaha Islam dari kalangan Ahlus Sunnah akan kita dapati penjelasan tentang gerhana dalam tinjauan Syariat Islam dengan pembahasan lengkap dan mencukupi.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Fitria Rahmawati Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya